Agar bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, Anda meningkatkan jumlah pendapatan atau mengurangi jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Jika saat ini Anda belum mampu menambah jumlah penghasilan setiap bulannya, maka solusi terbaik yang perlu dilakukan adalah mengurangi pengeluaran setiap bulan.

Mengurangi jumlah pengeluaran bisa dimulai dari anggaran bulanan yang dimiliki. Sebab, ada banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk hal-hal tertentu.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan 4 jenis pengeluaran membuat boros anggaran setiap bulannya. Apa saja?

4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran

1. Barang Habis Pakai

Barang-barang habis pakai yang dimaksudkan disini seperti pasta gigi, sabun, shampo, minyak goreng, deterjen, dan lain sebagainya.

Tahukah Anda bahwa barang-barang habis pakai yang memiliki brand yang sudah terkenal bisa mematok harga jual yang lebih mahal dari brand yang lain.

Padahal fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan dari kedua jenis brand tersebut tidak jauh berbeda, bahkan hampir sama kualitasnya.

Kami tidak menyarankan Anda untuk membeli barang habis pakai dengan harga yang paling murah, pilihan bisa Anda jatuhkan pada jenis brand yang berada ditengah-tengah.

Cara seperti ini bisa menghemat lebih banyak pengeluaran bulanan untuk membeli barang habis pakai.

2. Membeli Bahan Makanan di Supermarket

Supermarket memang menawarkan kenyamanan berbelanja yang lebih baik dibandingkan dengan pasar tradisional.

Berbelanja di supermarket membuat Anda tidak perlu berdesak-desakan dengan pembeli yang lain dan juga tidak perlu berpanas-panasan saat belanja.

Kemudahan dan fasilitas belanja yang lebih baik mengharuskan Anda untuk membayar berbagai bahan makanan yang ada dengan harga yang lebih mahal dibandingkan harga bahan makanan di pasar.

Padahal jika melihat kesegaran dan kualitas bahan makanan, pasar tradisional terbukti lebih baik dibandingkan dengan bahan makanan yang ada di supermarket.

3. Membeli Air Mineral

Air mineral merupakan salah satu pengeluaran yang membuat boros anggaran. Jika masyarakat negara maju melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang membeli air mineral, mungkin sebagian dari mereka akan bingung dan memandangnya aneh.

Hal tersebut bisa terjadi karena di negara maju air mineral sudah tersedia secara gratis. Anda tinggal membuka keran yang disediakan dan langsung meminum air tersebut.

Cara di atas sepertinya belum bisa dirasakan oleh masyarakat di Indonesia dan akhirnya membuat banyak orang yang memilih untuk membeli air minum dalam kemasan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tetap Hidup Sederhana Meski Punya Banyak Uang!

Dengan harga jual air mineral mulai dari Rp500 untuk ukuran kecil dan Rp5.000 untuk ukuran yang besar sepertinya tidak menjadi masalah yang besar.

Hal yang tidak disadari adalah bagaimana jika Anda rutin membeli air mineral tersebut dalam sebulan. Rp5.000 x 30 hari dalam sebulan yaitu Rp150.000 yang harus dikeluarkan hanya untuk minum air saja.

Padahal dengan uang tersebut Anda bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi di KoinWorks, sebuah platform investasi peer-to-peer lending yang tepat untuk investor pemula. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000.

Meski modal untuk memulai investasi sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yakni, mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Daripada membeli air minum dalam kemasan setiap hari, lebih baik membeli air minum dalam ukuran galon 19 liter yang harganya lebih murah.

Anda bisa menggunakan botol air minum dan membawanya saat Anda beraktivitas seharian.

4. Biaya Berlangganan Bulanan

Harus diakui bahwa biaya berlangganan yang dikeluarkan setiap bulan sangat berpengaruh terhadap jumlah pengeluaran setiap bulannya. Ini merupakan pengeluaran yang membuat boros anggaran.

Coba Anda evaluasi apa saja jenis langganan yang diikuti, apakah berlangganan majalah bulanan, berlangganan TV kabel, keanggotaan gym, berlangganan koran, atau berlangganan musik bulanan.

Jika Anda berlangganan salah satu contoh yang kami sebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menghematnya.

Jika Anda berlangganan koran atau majalah, sebenarnya hal ini tidak perlu lagi dilakukan. Sebab Anda bisa mengakses berita dan informasi dengan lebih cepat melalui website berita yang terpercaya.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: