Banyak masyarakat yang meremehkan pengeluaran kecil dan mereka juga tidak terlalu khawatir dengan dampak atas pengeluaran kecil tersebut.

Hal yang jarang disadari adalah beberapa pengeluaran kecil ternyata bisa berdampak negatif terhadap anggaran bulanan.

Beberapa jenis pengeluaran kecil yang sering dilakukan meliputi minum kopi di cafe yang dilakukan setiap akhir pekan, membeli makanan ringan di swalayan, membeli games atau aplikasi berbayar untuk smartphone, dan biaya yang dihabiskan untuk makan di luar.

Memang benar, biaya yang Anda keluarkan untuk pengeluaran di atas tidak terlalu besar dan hanya berkisar pada angka Rp5.000 – Rp50.000 saja.

Namun, coba kalkulasikan secara cermat dan jumlahkan semua pengeluaran kecil yang dilakukan selama 1 bulan. Anda pasti akan terkejut melihat jumlah pengeluaran kecil tersebut dalam 1 bulan.

Ketahuilah, setidaknya ada 7 pengeluaran kecil yang menguras anggaran keuangan Anda.

7 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan

1. Kebiasaan Menarik Uang Tunai Berlebihan di ATM

Saat menarik uang secara berlebihan di ATM, Anda sangat berpotensi untuk melakukan pengeluaran yang berlebih.

Hal tersebut dapat terjadi karena saat melihat banyak uang di dalam dompet, Anda merasa memiliki banyak uang yang bisa dibelanjakan sehingga secara tidak sadar bisa mengeluarkan lebih banyak biaya di luar anggaran yang sudah ditetapkan.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah biasakan diri untuk mengetahui berapa kebutuhan yang Anda perlukan setiap minggu. Dengan demikian, Anda bisa mengambil uang di ATM sesuai dengan kebutuhan mingguan tersebut.

2. Hadiah

Hadiah di sini meliputi uang atau barang yang Anda berikan untuk hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, hadiah kelahiran anak seorang teman, dan jenis yang lainnya.

Saat memberikan jenis hadiah ini, setidaknya Anda akan mengeluarkan uang minimal Rp50.000 – Rp100.000. Duh… apa tidak menguras anggaran bulanan, ya?

3. Biaya Atas Kepemilikan Kendaraan

Biaya atas kepemilikan kendaraan pun termasuk dalam salah satu pengeluaran kecil yang menguras anggaran bulanan.

Kendaraan seperti motor dan mobil membutuhkan biaya yang harus Anda keluarkan secara berkala. Biaya kecil atas kepemilikan kendaraan bermotor meliputi biaya masuk tol, biaya parkir, biaya suku cadang, dan lain sebagainya.

Biaya parkir menjadi jenis pengeluaran yang tidak banyak diperhitungkan oleh sebagian masyarakat yang memiliki mobil dan motor.

Padahal saat ini biaya parkir memiliki sistem perhitungan per jam dan artinya biaya ini akan semakin meningkat jika Anda sering bepergian ke suatu tempat.

4. Biaya Gaya Hidup yang Tidak Sehat 

Pergaulan dan pengaruh teman-teman seringkali membuat Anda mengikuti gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja mengeluarkan uang untuk membeli bir, wine, dan rokok yang semua itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

5. Biaya Atas Kepemilikan Properti 

Banyak Uang Saat Merenovasi Rumah, Tertarik Mencoba?
Properti merupakan jenis harta yang nilainya berpotensi untuk terus meningkat di masa depan. Hanya saja, kepemilikan properti membuat Anda harus mengeluarkan beberapa biaya kecil secara rutin.

Misalnya, biaya untuk perbaikan, biaya pemeliharaan, dan biaya utilitas yang nilainya tidak terduga dan bisa menguras banyak pengeluaran.

6. Biaya Makan di Luar 

Jenis biaya ini sudah kami singgung pada penjelasan di atas dan seringkali dianggap sebagai pengeluaran kecil yang tidak diperhitungkan oleh sebagian besar masyarakat.

Misalnya saja Anda menghabiskan uang  Rp100.000 untuk sekedar makan di luar setiap minggu. Itu artinya dalam 1 bulan, Anda sudah mengeluarkan uang untuk makan di luar mencapai Rp400.000.

Jika saat ini Anda memiliki penghasilan rata-rata orang Indonesia yang berada pada kisaran Rp3.000.000 setiap bulan. Pengeluaran untuk maka di luar sudah mencapai persentase sebesar 13% dari total penghasilan Anda.

7. Biaya Kecantikan 

Jenis biaya yang satu ini paling banyak dilakukan oleh para wanita untuk merawat diri dan menjaga penampilan mereka. Biaya kecantikan di sini termasuk di dalamnya biaya ke salon, biaya perawatan spa, dan biaya membeli berbagai produk kecantikan.

Lantas, Apa Solusi dari Masalah di Atas? Pengeluaran Bulanan

Tidak masalah jika Anda memiliki beberapa pengeluaran kecil yang harus dikeluarkan setiap bulan. Hanya saja penting untuk melakukan pencatatan atas setiap pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya.

Anda bisa mencatat jenis pengeluaran kecil di dalam smartphone atau menggunakan aplikasi penganggaran yang bisa didapatkan secara gratis.

Dengan cara seperti ini, Anda akan memiliki anggaran yang memang dikhususkan untuk pengeluaran kecil dan bisa sekaligus memonitor pengeluaran yang dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah penting untuk mengetahui pengeluaran yang benar-benar diprioritaskan setiap bulannya.

Lakukan evaluasi apakah Anda benar-benar perlu menghabiskan uang untuk makan di luar, membeli perlengkapan kosmetik, dan membeli rokok yang terbukti berbahaya bagi kesehatan
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: